Sports

Pengalaman Seleksi Dan Wawancara Kerja ( Interview )


Pengalaman Seleksi Dan Wawancara Kerja ( Interview )




Mungkin banyak dari kita yang sering takut menghadapi proses wawancara pada saat melamar pekerjaan. Pengalamanku kebetulan, hampir selalu lulus dalam tahap wawancara kerja. Beberapa kali malah mundur setelah diterima bekerja karena beberapa alasan. Ketika wawancara kerja, hal utama yang harus kita siapkan adalah menenangkan diri kita sendiri. Penampilan juga sangat penting. Terutama saat tatap muka, minimal rapi, bersih badan ( kuku juga ), wangi. Saya setiap ada panggilan wawancara selalu ke kamar mandi sebelum proses wawancara. Saya pakai gel rambut, deodoran, sikat gigi, obat kumur, pakai parfum dan aksesoris seperti jam tangan. Kalau kita sudah merasa nyaman dengan penampilan kita, maka pewawancara juga nyaman. Note : di tas saya selalu tersedia gel rambut, parfum, deodoran, aksesoris, sikat gigi dan pasta gigi. Hindari kebohongan, karena biasanya pewawancara juga membaca hasil Psikotes. Jangan grogi, tunjukan aura positif dan penuh semangat. Sejak lulus kuliah hanya bekerja di dua PMA dan semuanya langsung menjadi karyawan tetap. Aku bukan tipe orang yang suka pindah-pindah kerja. Berikut beberapa pengalaman diundang wawancara dan ikut seleksi :


1. AKR Corporindo
Lulus sampai tahap akhir bersaing dengan anak ITB, ketika wawancara user gagal karena bekerja di tempat lain. Total ada 5 tahapan dengan 3 kali Wawancara, 2 kali tes Psikotest.

https://www.akr.co.id/

                           
                          

2. BFI Finance

Tidak hadir karena sedang proses di BAT ( British American Tobbacco ).

https://www.bfi.co.id/

3. Bentoel Group ( British American Tobbacco )

Penempatan Area Sales And Marketing Office Sunter. Berhubung dekat tempat tinggal dan salary juga di atas UMR langsung diambil. Posisi sebagai awal sebagai Finance Analyst.



4. Panin Bank Senayan

Tidak ikut karena sudah kerja di BAT.






4. PT Quantum Nusantara

Tidak datang, karena sudah bekerja.

5. PT Korea Tomorrow And Global Indonesia

Tidak bisa ikut, karena masih bekerja di BAT.

http://en.ktng.com/










6. BPJS Ketenagakerjaan

Tidak ikut ujian karena lokasinya jauh. Sedangkan kerjaan di kantor sedang banyak.
https://rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id/




7. Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK )

Tidak bisa lanjut, karena sudah tanda tangan kontrak dengan PT Amerta Indah Otsuka. Dari 29.804 pelamar, hanya 2.966 yang lulus berkas. Sebenarnya ini tidak berharap terlalu jauh karena saingannya pasti banyak. Pengumuman tanggal 16 Oktober, sedangkan tanggal 06 Oktober sudah diterima kerja dan sign kontrak di AIO.

https://www.kpk.go.id/id/splash

http://news.rakyatku.com/read/20925/2016/09/16/2-966-pelamar-kpk-indonesia-memanggil-lulus-berkas-cek-di-sini




8. PT Amerta Indah Otsuka

Perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang FMCG. Produk utamanya Pocari Sweat, Soy Joy, Ion Water dan Oronamin C. Tawaran datang sejak bulan Januari , namun karena sibuk kerja baru mau datang untuk seleksi bulan September, itu pun sudah 3 kali ubah jadwal. Seleksi dilakukan 5 tahap, ada 4 kandidat dan aku yang dapat offering. Posisi menjadi Head Of Admin, dengan gaji pokok dua kali lipat dari BAT. Selain itu, juga dapat kendaraan operasional dan laptop dari kantor.

https://www.aio.co.id/id/career/












9. Ultra Jaya

Diundang untuk ikut seleksi sebagai Kepala Administrasi. Namun, menolak karena mendapat promosi di AIO. Mereka masih menunggu untuk bergabung di lain waktu.

http://www.ultrajaya.co.id/career-development/personnel-recruitment/ind




9. Atri Distribundo

Sebagai Branch Operational Head, namun tidak bisa karena masih di AIO.

https://www.atri.co.id/



10. Sukanda Djaya ( Diamond Group )

Tidak bisa hadir, karena masih di AIO Medan.

https://sukandadjaya.com/



11. Campina

Tidak bisa hadir karena seleksi di Tangerang dan masih kerja di AIO Medan.

http://www.campina.co.id/id/career-2/




12. Tirta Varia ( Distributor Aqua )

Waktu itu kebetulan sedan ke Jakarta dan ikut ujian, tapi tidak sampai selesai. Karena harus balik ke Head Office. Jadi mengundurkan diri dari seleksi. Pihak mereka meminta jadwal ulang, namun kutolak.



13. Fastrata Buana ( Kapal Api Global )

Mendapat tawaran sebagai Branch Office Manager, namun karena bertepatan dengan seleksi CPNS jadi tidak bisa ikut.

https://www.fastratabuana.co.id/



14. CPNS Kemenkumham 2017

Lulus administrasi tetapi tidak bisa ikut SKD karena pindah ke Medan, sedangkan tes di Jakarta.

15. CPNS Kemendesa PDTT 2017

Lulus Administrasi dan SKD, tapi tidak bisa ikut SKB karena sesuatu dan lain hal. Sempat berpikir bahwa memang takdir bukan menjadi abdi negara, karena ketika akan ujian selalu ada kendala.

16. CPNS Setjen KPU RI

Setelah gagal ikut ujian di tahun 2017, karena lokasi ujian yang jauh. Tahun 2018 pilih lokasi ujian yang dekat kantor dan lulus sampai menjadi PNS.



Pengalaman Seleksi Dan Wawancara Kerja ( Interview ) Pengalaman Seleksi Dan Wawancara Kerja ( Interview ) Reviewed by EG on 11:31 PM Rating: 5

14 comments:

  1. abang lulusan ut kah? bisa lolos cpns tipsnya bgmn?

    ReplyDelete
  2. Hai, Umi.

    Maaf baru baca komentar. Tipsnya lulus semua tahapan seleksi. Baik SKD, maupun SKB. Itu saja.

    ReplyDelete
  3. cara menjadi kandidat gimana ya bang ?, setiap ngelamar ditolak terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditolaknya di tahap mana ? Saat seleksi administrasi, saat ujian psikotest, atau saat wawancara. Harus kita pahami gagalnya di mana. Semangat semoga segera mendapat pekerjaan yang diinginkan.

      Delete
  4. Permisi, Bang. Saya dapat linknya dari Quora. Saya ingin bertanya soal finance analyst, dulu saat Abang daftar di AIO, apa perlu sertifikasi untuk lowongan tersebut, Bang? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo... Sorry baru baca soalnya jarang update blog, masih sibuk kerjaan. Saya dulu saat mendapat tawaran dari AIO masih bekerja sebagai Finance Analyst di BAT. Sertifikasi tidak diperlukan, karena saya dianggap sudah berpengalaman. Staf finance saya, tidak dituntut untuk mempunyai sertifikasi saat melamar. Asal lulus seleksi, nanti akan ditraining di kantor. Semangat, semoga mendapat pekerjaan terbaik...

      Delete
    2. Wah, terimakasih banyak atas jawabannya, Bang. Berarti Abang ditraining saat masih menjadi staf di BAT ya. Btw saya salah menyebut di pertanyaan yang harusnya BAT malah AIO. Sekali lagi terimakasih banyak, Bang, semangat kerjanya sukses selalu!😁🙏

      Delete
    3. Ya. Nanti akan ada masa probation 3 bulan.

      Delete
  5. halo ka, sorry mau nanya kk ambil jurusan apa dulu di ut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo... Maaf, baru sempat buka blog. Dulu ambil Ilmu Pemerintahan.

      Delete
  6. Kak mau Tanya.. apa pertimbangan kk ambil jurusan ilmu pemerintahan pada saat itu? Sy baru mau daftar UT saya lulusan smk Akuntansi.. tp sdh bingung memilih jurusan Ilmu pemerintahan ataukah Akuntansi di UT.. mohon masukannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya awalnya mengambil Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, karena merasa keteteran pindah ke Ilmu Pemerintahan.

      Delete
  7. Gan Mau tny jarak dr interview hrd ke interview user akr brp lama

    ReplyDelete
  8. Kalau dulu kita langsung karena Walk In Interview

    ReplyDelete

Powered by Blogger.