Sports

Pemberkasan CPNS

 Pemberkasan CPNS


Halo semua...

        Apa kabar....??? Semoga semuanya sehat, dan berbahagia. Saat-saat yang ditunggu bagi pelamar CPNS sebentar lagi tiba. Bagi yang lulus, saya ucapkan selamat dan siapkan fisik, mental, biaya serta dokumen untuk proses pemberkasan dan bagi yang belum lulus tetap semangat, semoga mendapat pengganti yang lebih baik. Saya akan berbagi sedikit pengalaman saat pemberkasan. Setelah SKB selesai, kita masih harus menunggu proses sinkronisasi dan rekapitulasi keseluruhan nilai seleksi CPNS. Akhirnya saat yang kami tunggu tiba, tanggal 04 Januari 2019 pengumuman akhir seleksi CPNS rilis. Namaku ada di daftar yang lulus dan harus melakukan pemberkasan. Pelamar harus datang sendiri saat pemberkasan.

Pengumuman kelulusan, juga disertai dengan lampiran-lampiran. Beberapa lampirannya antara lain :

1.     Pengumuman

2.     Rekap Nilai Ringkas

3.     Rekap Nilai Detail

4.     Format Lamaran

5.     Daftar Riwayat Hidup

6.     Surat Pernyataan

7.     Surat Pernyataan Tidak Mengajukan Mutasi


Tata cara dan syarat apa saja, serta jadwal untuk pemberkasan termuat di pengumuman. Jadi kita harus melengkapi semua berkas yang disebutkan di pengumuman, antara lain :





1.     Surat Lamaran

2. Ijazah dari SD – Pendidikan Terakhir yang dilegalisir dan aslinya, bagi formasi Cumlaude lampirkan juga sertifikat akreditasi PT dan Jurusan

3.     Daftar Riwayat Hidup

4.     Surat Pernyataan

5.     Surat Pernyataan Tidak Mengajukan Pindah

6.     Surat Keterangan Catatan Kepolisian Asli dan Legalisir

7.   Surat Keterangan Berbadan Sehat yang masih berlaku dari dokter RS Pemerintah Asli dan Legalisir

8.     Surat Keterangan Sehat Rohani dari dokter RS Pemerintah Asli dan Legalisir

9.     Surat Keterangan bebas NAPZA Asli dan Legalisir

10.  Foto copy sertifikat pendukung lainnya

11. Pas Foto 3 x 4 latar belakang sesuai arahan ( 5 lembar )

12. Foto copy Kartu Tanda Penduduk

13. Bukti Pengalaman Kerja jika memiliki dilegalisir

14.  Formasi Papua/Papua Barat wajib melampirkan Akte Kelahiran

    Semua berkas dimasukkan ke Map yang warnanya sudah ditentukan. Jadwal pemberkasan kita dulu hanya 4 hari. Sesuai dengan gelombangnya, namun ada jeda 10 hari dari pengumuman. Jadi bisa melengkapi berkas-berkas. Namun, ada beberapa instansi yang waktu pemberkasan sangat mepet, sehingga kita harus berlomba dengan waktu. Alangkah baiknya jika beberapa dokumen sudah siap, karena kita harus antri dengan instansi lain saat mengurus SKCK, Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani serta NAPZA.

        Dulu saat proses pemberkasan, aku di Medan sedangkan ijazah SD-SMA dan KTPku Jawa Tengah. Akhirnya aku cuti untuk mengurus SKCK dan Legalisir ijazah. Legalisir ijazah dilakukan oleh keluargaku dibagi, karena aku dan adikku lulus dan dia sudah pengumuman tanggal 2 Januari. SKCK sebenarnya bisa mengurus di Polda domisili ( Polda Sumut ), tapi karena sudah pulang sekalian saja. Proses pembuataan SKCK ternyata harus dilengkapi surat keterangan dari RT/RW, Desa, Kecamatan, Polsek dan Koramil, bar uke Polres. Jarak tempuh yang lumayan jauh, maka siang aku baru sampai di Polres dan antrian sudah sangat panjang. Tapi aku tetap ambil antrian dan menunggu untuk berfoto serta cap sidik jari. Setelah surat keluar langsung di foko copy dan legalisir. Setelah selesai balik ke Medan untuk mengurus surat sehat dan bebas NAPZA.

        Saat mengurus surat sehat, aku datang ke RS Pirngadi Medan. Hari pertama datang jam 09.00 pagi, ternyata antrian sudah habis karena jam operasional untuk pembuatan surat sehat dan NAPZA kalau tidak salah hanya sampai jam 11.00 siang. Besoknya aku datang pagi sekali jam 06.00, dan benar saja sudah banyak antrian para CPNS dari berbagai instansi yang akan membuat surat keterangan sehat dan NAPZA. Pertama ke loket pendaftaran, lalu ke Poliklinik untuk ambil darah dan urine, sambil menunggu hasil lanjut ke poli jiwa untuk tes kejiwaan, lanjut ke poli umum untuk tes fisik. Setelah selesai ambil semua surat untuk difoto copy dan legalisir langsung. Biayanya total dulu kalau hampir 400 ribuan. Siapkan juga pas foto berwarna, kadang ada yang ditempel foto di suratnya.

Setelah semua selesai, aku tinggal minta surat pengalaman kerja dari perusahaan dan dilegalisir oleh pihak perusahaan. Kalau belum bekerja, surat pengalaman kerja tidak perlu. Namun, untuk sertifikat pelatihan sebaiknya dilampirkan jika ada.

Dokumen sudah lengkap dan hari pemberkasan pun tiba. Aku pemberkasan di hari pertama, agar kalau ada kekurangan bisa segera dilengkapi. Kalau tidak salah dulu kita buat rangkap dua. Tapi sediakan dokumen legalisirnya lebih banyak lebih baik. Panitia instansi akan mencocokkan antara dokumen asli, legalisiran apakah sudah sesuai syarat yang diminta. Nanti kita mendapat tanda terima. Sebaiknya cantumkan no HP yang aktif ditanda terima, supaya kalau ada masalah panitia bisa langsung menghubungi.


Setelah semua selesai kita tinggal memantau dan menunggu proses Penerbitan NIP.

 

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan :

Jika sekolah jauh, legalisir bisa di Dinas Pendidikan terdekat

Ijazah hilang atau rusak bisa meminta surat pengganti ijazah

Nama di ijazah berbeda dengan KTP, dulu dirubah yang di KTP. Kita rubah ke Dukcapil

Legalisir bisa menggunakan yang lama, asal tidak ditulis masa berlakunya. Namun, jika ada masa berlakunya sebaiknya buat baru

Untuk tahun ini kemungkinan prosesnya bisa berbeda.

Info terbaru tahun 2020 pemberkasan melalui online dan hanya upload berkas Asli.

 

Terima kasih

Pemberkasan CPNS Pemberkasan CPNS Reviewed by EG on 9:38 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.