Sports

Pengalaman Seleksi Politeknik Siber Dan Sandi Negara

 Pengalaman Seleksi STSN ( Politeknik Siber Dan Sandi Negara)






        Dulu saya pernah mengikuti seleksi penerimaan taruna di Sekolah Tinggi Sandi Negara ( STSN ) yang sekarang sudah menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara. Pada saat itu, kuota hanya 40 taruna. Jumlah pendaftar ribuan, karena sini tidak ada syarat tinggi badan.

Berikut website resmi STSN

https://poltekssn.ac.id/


Pendaftaran

        Pendaftaran dilakukan melalui online tapi belum melalui SSCN, setelah itu saya datang ke kampus STSN untuk verifikasi berkas dan menyerahkan kelengkapannya. Saya memilih jurusan Manajemen Persandian sebagai pilihan pertama dan Teknik Persandian Sebagai Pilihan Kedua. Kampusnya berada di Parung – Bogor. Saya juga berkeliling kampus, karena kebetulan ada senior teman yang di sana. Pertama kali melihat kampusnya memang sangat jauh dari keramaian, namun fasilitasnya sangat baik.

 

Ujian Akademik

            Setelah pengumuman lulus administrasi, kita mendapatkan jadwal ujian. Tahun itu, ujian hanya di kampus STSN dan tidak menggunakan sistem CAT. Soal ujiannya kalau tidak salah Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Komputer. Menurut saya soalnya lumayan susah, karena waktunya terbatas. Selanjutnya kita menunggu pengumuman lulus.


Psikotest

            Setelah pengumuman hasil ujian akademik, ternyata dari ribuan pendaftar hanya 100 an orang yang lulus dan berhak mengikuti Psikotest. Ini menurut saya paling susah, karena tidak mempunyai pengalaman Psikotest untuk Taruna sebelumnya. Soalnya sangat banyak dan ada beberapa sesi, antara lain Matematika dasar, figural, kemampuan verbal. Wartegg, Baum, Kreplin, menggambar manusia dan menjelaskan nilai positif dan negatifnya, menulis tentang diri sendiri apa yang ditakuti dalam hidup.

        Jangan berharap kita mengerjakan tesnya dengan tenang, karena pada saat tes Kreplin, tiba-tiba tim Drumband masuk dan memainkan musik sangat keras. Mereka juga mendatangi kita satu persatu sambil menabuh alat musik. Nah, di tahap ini saya gagal. Menurut saya kegagalan saya di sesi menulis tentand diri sendiri. Saya menulis hal yang saya takuti adalah Kematian. Padahal sebagai taruna kita tidak boleh takut mati dalam membela negara.


Seleksi Kesehatan dan Wawancara

        Jumlah peserta yang lulus ke tahap ini kurang lebih 50-60 an. Kata temanku yang lulus, mereka dites Kesehatan, lari, shit up, push up, shuttle run, dll. Lalu dilanjutkan dengan wawancara, yang antara lain disuruh baris berbaris, ditanya tentang materi dan pengetahuan umum, serta diri pribadi.

 

Penentuan Tahap Akhir ( Pantukhir )

            Di tahap ini, peserta yang mengikuti tes Kesehatan dan wawancara diranking menjadi 40 besar. Nah, yang menjadi peringkat 40 besar terbaik mereka lulus menjadi taruna STSN.

Pengalaman Seleksi Politeknik Siber Dan Sandi Negara  Pengalaman Seleksi Politeknik Siber Dan Sandi Negara Reviewed by EG on 5:16 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.