Sports

Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka

Pengalaman Kuliah di Jurusan Ilmu Pemerintahan


        Ketika SMA, aku masuk jurusan IPA. Walaupun selalu masuk 10 besar dan lulus jalur undangan, namun di raport yang mendapat nilai 10 justru Sejarah Nasional Dan Dunia. Entah kenapa menjadi lebih tertarik ke Ilmu Sosial, padahal jaman SD ikut Olimpiade Matematika dan mendapat juara Harapan 1 ( alias juara 4 ). Jaman SMP kelas 1 juga nilai Matematika termasuk tertinggi di sekolah. Memasuki kelas 3 SMP, sudah males sama Matematika. Hal ini berlanjut sampai SMA, walaupun nilai untuk Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi masih tinggi tapi kurang begitu menikmati masuk jurusan IPA. Tiap hari banyak tugas dan persaingan sangat ketat. Entah dapat wangsit dari mana, tiba-tiba sangat menyukai sejarah dan selalu mendapat nilai tinggi. Bahkan nilai di raport kelas 3 dapat nilai 10.

        Setelah lulus SMA, inginnya masuk jurusan Ilmu Sosial. Akhirnya diterima di FH UGM. Namun, karena sesuatu dan lain hal kutinggalkan. Lanjut daftar di UT jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan. Tetapi baru dua semester sudah down, soalnya IPKnya Dua Koma. Cuti tiga semester, lalu kembali dengan pindah jurusan ke Ilmu Pemerintahan. Ternyata belajar Ilmu Pemerintahan itu menyenangkan. Banyak Ilmu Dasar lain yang kita pelajari. Ilmu Hukum, Komunikasi, Sosiologi, Antropologi, Komunikasi, Administrasi, Manajemen, Ekonomi dll. Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari persoalan-persoalan organisasi, administrasi, manajemen dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi publik atau badan-badan publik yang bertugas melaksanakan kekuasaan negara sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan. Awalnya aku juga berpikir, kalau jurusan Ilmu Pemerintahan bakal bermasa depan suram ( MADESU ). Namun, setelah mempelajari ternyata banyak peluang yang bisa kita capai. Bukan hanya sebagai pengusaha yang memang semua orang bisa.

        Sekarang kesempatan untuk bersaing di dunia kerja, sangat terbuka untuk semua jurusan. Bisa kita lihat banyaknya perusahaan yang membuka seleksi Management Trainee untuk semua jurusan. Asal kita mempunya kompetensi yang bagus, kemungkinan besar mampu bersaing di dunia kerja. Di Birokrasi juga banyak sekali peluang untuk menjadi PNS bagi jurusan Ilmu Pemerintahan. Biasanya kalau Pemda sebagai  staff Kesbangpol, analis pemerintahan, analis kepegawaian, analis kepemiluan, arsiparis ahli, penyusun berita dan pendapat umum, analis keimigrasian, perencana, analis kebijakan, analis Kerjasama, analis organisasi, analis jabatan, analis tata usaha, auditor kepegawaian, diplomat juga kadang buka untuk Ilmu Pemerintahan, dll.

        Aku kebetulan dari pertama kerja setelah lulus kuliah masuk bagian admin dan finance. Dimulai dari staff sampai Head Of Administration. Ketika wawancara ditanya apa yang dipelajari di Ilmu Pemerintahan, kujelaskan ada ditranskip nilai. Ada manajemen, keungan publik dll. Akhirnya diterima. Di dunia sales marketing, semua jurusan juga bisa diterima. Mungkin sekian pengalaman kuliah jurusan Ilmu Pemerintahan. Jangan pernah takut dengan pilihan yang kita sudah ambil. Walaupun dipandang sebelah mata oleh orang lain, belum tentu kita tidak bisa berhasil. Asal selalu semangat dan terus berusaha, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Terbuka Reviewed by EG on 7:46 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.