Sports

Pengalaman Lulus CPNS KPU RI & Kemendes PDTT 2018

Pengalaman Tes CPNS KPU RI 2018 




Setelah sekian lama tidak update, akhirnya punya niat untuk update. Sebentar lagi akan dibuka pendaftaran CPNS 2019, jadi iseng menulis kenangan ketika daftar CPNS 2018. Kebetulan aku daftar berdua adikku di instansi pusat. Sebenarnya sih, yang daftarin aku semua. Hahhahahhaha....


Baiklah, aku akan bercerita awal mula ikut TES CPNS, sebenarnya aku baru bisa ikut tes CPNS tahun 2017. Aku wisuda Januari 2015, dan sebelum wisuda sudah diterima kerja di PMA mulai September 2014. Berhubung ada moratorium penerimaan CPNS maka aku bekerja dengan penuh semangat. Karirku dimulai dari staf finance analis, sampai ditawari menjadi supervisor. Namun, aku belum mau. Bulan November 2016, aku ditarik oleh PMA lain menjadi Head Of Administration dengan gaji pokok dua kali lipat. Awalnya ingin kutolak, tapi setelah kupikir-pikir kuterima. Sebenarnya berat meninggalkan kantor lama, karena semua sudah seperti keluarga sendiri. Bahkan para Big Boss melarangku, mereka akan menaikan jabatan dan gaji. Namun, aku ingin mencoba tantangan baru. 

Oh, aku lupa.... Ketika itu ternyata aku daftar di Penerimaan KPK, yaitu Program KPK memanggil. Padahal aku hanya asal daftar, eh ternyata lulus administrasi dari 29.000 an pendaftar lulus 2.000. Tapi sayangnya aku sudah tanda tangan perjanjian kerja dengan kantor baru, dan harus mengikuti masa probation 3 bulan. Akhirnya aku tidak serius mengikuti seleksi KPK, karena masih ada 3 tahap ujian waktunya sampai 3 bulan ke depan. Aku tidak mungkin izin dan meninggalkan kantor. Akhirnya aku bekerja di kantor baru yang berdekatan dengan kantor lama. 

Pertama masuk, aku ditempatkan di Jakarta. Namun proses trainingnya di Sidoarjo. Rasanya sangat menyenangkan bisa belajar hal baru. Tahun 2017, aku mendapat tugas untuk memimpin Sumatera Utara. Ketika itu bulan September 2017, bertepatan dengan penerimaan CPNS 2017. Sebenarnya, aku sudah mendaftar di Kemenkumham, dengan lokasi tes Jakarta. Ketika pengumuman administrasi lulus, namun jadwal SKD aku sudah di Sumatera. Aku masih ragu, apakah bisa mengikuti SKD. Akhirnya di detik-detik terakhir aku beli tiket ke Jakarta, tes SKD dimulai jam 3 sore. Penerbanganku jam 10 pagi, tiket baru beli jam 07 pagi. Karena macet dan kurang persiapan, aku ketinggalan pesawat. Hhufttttt... Duit melayang, batal ikut ujian. SEDIH... Tapi gpp, aku balik ke kantor lagi.

Ternyata gelombang ke dua dibuka lagi, aku daftar Kemendesa dan lulus PG sampai tahap SKD, tapi tidak bisa mengikuti SKB. Berkaca pada pengalaman tahun sebelumnya, ketika pembukaan CPNS tahun 2018. Aku memilih instansi yang tesnya bisa dilakukan di Medan. Selain dekat kantor, aku juga gak harus keluar lama. Akhirnya kupilih Setjen KPU RI, adikku kudaftarin juga di KemendesPDTT.
Awalnya adikku gak mau, karena dia baru lulus dan sudah direkomendasikan beasiswa PMDSU oleh UGM. Dia diprogramkan menjadi calon dosen di sana. Namun, kujelaskan kalau lulus CPNS juga nanti bisa kuliah lagi. Dengan terpaksa dia mau. Semua dokumen ku upload, dan menunggu pengumuman. Oke lanjut nanti ya...👍👍👍
Pengalaman Lulus CPNS KPU RI & Kemendes PDTT 2018 Pengalaman Lulus CPNS KPU RI & Kemendes PDTT 2018 Reviewed by EG on 6:59 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.